Ratifikasi Konvensi Penyandang Cacat

Kamis, 03 Desember 2009 | 15:29

Pemerintah Ratifikasi Konvensi Internasional Penyandang Cacat

JAKARTA. Pemerintah berjanji menjamin hak para penyandang cacat. Salah satu langkahnya adalah meratifikasi konvensi internasional tentang hak-hak para penyandang cacat. Menurut Menteri Sosial (Mensos), Salim Segaf Al-Jufri, saat ini Departemen Sosial sedang menyusun naskah akademis untuk ratifikasi. “Kami minta semua pihak untuk mencermati pasal demi pasal. Itu untuk memenuhi hak-hak penyandang cacat,” ujar Salim dalam peringatan Hari Penyandang Cacat Internasional di Istana Wakil Presiden, Kamis (3/12).

Salim mengatakan, sampai sekarang aksesibiltas bagi penyandang cacat masih belum memadai. Salah satunya, kata Salim, adalah pelayanan kesehatan. Mantan Duta besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi menjelaskan, Departemen Sosial hingga kini sudah menyalurkan bantuan kepada 17.000 penyandang cacat di 31 provinsi dan 184 kabupaten. Selain itu, menurut Salim, Pemerintah telah mempekerjakan 85 pegawai penyandang cacat dari 1.109 karyawan penyandang cacat yang terdaftar bekerja di perusahaan. “Sisanya bekerja secara tersebar di 81 perusahaan,” terang Salim.

Wakil Presiden Boediono berjanji akan mendukung program konkret bagi penyandang cacat yang saat ini sudah bergulir di Departemen Sosial. “Kita sudah mulai kesadaran yang tinggi untuk mendorong saudara kita penyandang cacat, dengan program yang cukup konkret,” jelasnya

Ketua Umum Persatuan Penyandang Cacat Indonesia Siswandi mengatakan, Pemerintah perlu memberikan perhatian terhadap para penyandang cacat. Misalnya perhatian atas kualitas pendidikan, pemberdayaan usaha mandiri, kesempatan bekerja, ketersediaan serta aksesibilitas di berbagai bidang. “Kami meminta ratifikasi konvensi internasional itu menjadi undang-undang,” kata Siswandi. (Hans Henricus)

Sumber:

http://www.kontan.co.id/index.php/nasional/news/26067/Pemerintah-Ratifikasi-Konvensi-Internasional-Penyandang-Cacat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s