Penyandang Cacat Tidak Peroleh Jamkesmas

Minggu, 22 November 2009 14:46:00

WONOSARI (KRJogja.com) – Penyandang cacat (penca) di Gunungkidul ternyata banyak yang tidak mendapatkan Jamkesmas. Akibatnya mereka yang sakit dan harus berobat terpaksa membayar biaya perawatan secara penuh. Tercecernya penca ini diperkiraan akibat pendataan petugas yang tidak akurat. Ketua Organisasi Sosial (Orsos) Lestari Widodo Karangmojo Giyatno kepada KRJogja.com, Minggu (22/11) menyatakan, khusus warga binaan Lestari Widodo ada sejumlah 600 orang. Sebanyak 75 persen diantaranya tidak memiliki kartu Jamkesmas. Padahal untuk para penca seharusnya menjadi prioritas.

“Upaya untuk mengajukan agar memperoleh kartu Jamkesmas sebenarnya sudah dilakukan. Namun hingga kini juga belum terealiasasi. Orsos Lestari Widodo berharap petugas pendataan bagi warga yang akan mendapatkan Jamkesmas ini memberikan perhatian bagi penca. Karena kondisi tubuh mereka yang cacat tentunya perlu mendapatkan prioritas lebih diutamakan. Sebab untuk membayar biaya pengobatan penuh ketika sakit, penca tentunya tidak sanggup,” tukasnya.

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi D DRPD Gunungkidul Ir Imam Taufik mengungkapkan, persoalan Jamkesmas bisa bertitik pada proses pendataan. Jika petugas dalam melakukan pendataan tidak akurat, maka dapat dipastikan ada yang tercecer. Yang mesti diperhatikan yakni bahwa sistem yang diterapkan yakni berupa alokasi Jamkesmas, dimana untuk di Gunungkidul memperoleh jatah 340 ribu jiwa. Memang untuk para penca harus menjadi pertimbangan lebih penting, karena mereka sangat memerlukan kartu Jamkesmas.

“Solusi yang bisa dilakukan yakni Pemerintah Daerah bisa menalangi jiwa yang tercecer dengan mengalokasi untuk kartu Jamkesos. Karena jatahnya juga cukup banyak mencapai 83 ribu jiwa di Gunungkidul. Bahkan koordinasi dengan propinsi, bagi masyarakat yang tercecer tidak masuk dalam Jamkesmas maupun Jamkesos bisa ditangani asalkan memperoleh persetujuan mulai dari pihak desa, kecamatan hingga kabupaten. Sehingga dengan adanya sikap tanggap dari pemerintah daerah, warga yang tidak memperoleh Jamkesmas maupun Jamkesos bisa diatasi,” pungkasnya.(M-5)

Sumber:

http://www.krjogja.com/krjogja/news/detail/9315/Banyak.Penyandang.Cacat.Tidak.Memperoleh.Jamkesmas.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s