Pameran Pendidikan “Sekolah Tempo Doeloe” SLB Pembina Yogyakarta

Joko Widiyarso – GudegNet
Selasa, 19 Januari 2010, 12:22 WIB

Pameran pendidikan “Sekolah Tempoe Doeloe” yang diselenggarakan oleh Museum Anak Kolang Tangga Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan olah Raga Propinsi DIY digelar pada 18 – 23 Januari 2010 di Sekolah Luar Biasa (SLB) Pembina, Jalan Pramuka No. 244 Yogyakarta.Kegiatan ini ditujukan sebagai representasi gambaran sekolah pada masa lalu yang direflesikan pada sekolah masa kini.

Rudi Corens, kurator dari Museum Anak Kolong Tangga menyatakan, pameran ini sebagai media pengenalan sekaligus metode pembelajaran yang tidak hanya diperuntukan bagi anak-anak normal, melainkan juga anak-anak yang mempunyai keterbatasan fisik mental maupun fisik agar juga dapat belajar mengenai pendidikan masa lalu.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Luar Biasa dan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Propinsi DIY, Drs Suroyo mengatakan kegiatan ini juga sebagai media untuk menggugah dan menumbuhkan apresiasi anak-anak untuk mengembangkan pengetahuan akan seni dan kebudayaan dari dulu hingga masa kini.

“Pendidikan yang diterapkan pada masa lalu merupakan pondasi pendidikan masa kini baik teknik maupun sistemnya yang dapat diambil pembelajaran dan masih bisa diterapakan hingga sekarang. meskipun sudah memasuki era teknologi informatif yang canggih namun metode pembelajaran masa lampau masih mempunyai sifat kegotongrongan dan kebersamaan yang bisa dipadukan dengan metode pembelajaran saat ini,” ujarnya.

Dalam pameran ini menampilkan kurang lebih 150 pameran yang berupa foto, teks buku dan dokumentasi berbagai objek yang pernah menunjukkan implementasi awal dari metode-metode pengajaran yang digunakan pada masa kini.

Ketua Panitia Nurfaisah Kaeni mengatakan pameran ini terbuka bagi umum mulai pukuk 09.00 hingga 13.00 WIB dan setiap harinya akan ada kunjungan dari SLB maupun sekolah inklusi. Bagi kunjungan dari SLB dan Sekolah Inklusi, relawan Museum Anak Kolong Tangga tidak hanya akan memberikan panduan khusus. Namun menyediakan ruang bagi siswa dan guru untuk mengekspresikan opini dan kesan mereka dalam sesi siaran televisi.

Sumber:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s