Kesempatan Kerja bagi Difabel Harus Dibuka

Jumat, 4 Desember 2009 | 16:59 WIB

Bantul, Kompas – Hak penyandang cacat untuk diperlakukan sama dalam dunia ketenagakerjaan harus diperjuangkan. Kuota tenaga kerja 1 persen dari 100 orang tenaga kerja seharusnya dipahami dan dilaksanakan oleh para pelaku usaha.

Hal itu disampaikan Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan tertulis di perayaan Hari Internasional Penyandang Cacat di Pundong, Bantul, Kamis (3/12).

Menurut Sultan, kuota 1 persen tersebut sebaiknya tidak dipahami sebagai bentuk sedekah, tetapi konsep kasih sayang sehingga harus dilakukan dengan tulus ikhlas. Pemberian kesempatan kerja juga bagian perilaku yang adil yang mengesampingkan diskriminasi.

Kepala Dinas Sosial Bantul Mahmudi mengaku, selama ini penyandang cacat masih sulit diterima di dunia kerja. Mereka masih dipandang sebelah mata. Apalagi jumlah penganggur juga banyak sehingga penyandang cacat harus memperebutkan peluang dengan mereka yang secara fisik normal.

“Tidak banyak perusahaan yang mau mempekerjakan penyandang cacat. Yang sehat saja masih banyak, kenapa harus pakai yang cacat, begitu alasan mereka,” ujarnya.

Ia mengatakan telah mengumpulkan sekitar 10 pengusaha di Bantul untuk bertukar pikiran soal kesempatan kerja bagi penyandang cacat. Para pengusaha pun menyanggupi untuk mempekerjakan sepanjang penyandang cacat memiliki keahlian sesuai yang dibutuhkan.

Bekal keterampilan

Mahmudi berharap, penyandang cacat mampu mempersiapkan diri dengan bekal sejumlah keterampilan. Pemerintah telah membangun rehabilitasi Pundong khusus untuk membekali penyandang cacat dengan keterampilan. Saat ini, ada 110 orang yang tengah dilatih.

Tahun depan diharapkan kuota 300 kamar bisa terisi semua. Tahun ini pemanfaatannya belum maksimal karena anggaran terbatas. “Tahun depan kemungkinan bisa untuk 300 orang. Kalau sudah mantap ikut pelatihan, mereka harus mau menginap. Sayangnya banyak yang tidak mau nginep sehingga pelatihan bisa kurang efektif,” tuturnya. (ENY)

Sumber:

http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/12/04/16592750/Kesempatan.Kerja.bagi.Difabel.Harus.Dibuka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s