Hari Penyandang Cacat DIY

Sabtu, 28 November 2009 12:17:00
Pembukan Peringatan Hari Internasional Penyandang Cacat (Hipenca) Propinsi DIY. (Foto : Deny Hermawan)

YOGYA (KRjogja.com) – Rangkaian Peringatan Hari Internasional Penyandang Cacat (Hipenca) Propinsi DIY dimulai hari ini, Sabtu (28/11). Peringatan acara dibuka olehKabid Pendidikan Luar Biasa dan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Propinsi DIY, Suroyo di Jogja National Museum (JNM).

Menurut Ketua PPCI (Persatuan Penyandang Cacat Indonesia) DPD DIY, Ahmad Saleh, hari ini diadakan gelar karya produk penyandang cacat, sarasehan, dan pentas seni, yakni drum band dari siswa-siswi SLB Negeri Kalibawang.  Sedangkan besok (Minggu, 29/11), akan diadakan bakti sosial, lomba menggambar dan mewarnai bagi siswa SLB bagian B dan C, serta mengarang menggunakan huruf braile untuk tuna netra.

“Puncak acara tanggal 3 Desember akan dilakukan dengan pawai jalan kaki dari gedung DPRD ke benteng Vredeburg. Lalu akan ada kumpul bersama para penyandang cacat di Pusat Rehabilitasi Terpadu di Pundong Bantul. Tanggal 19 Desember jam 3 hingga 4 sore masih akan ada acara juga dari kami yakni talkshow,” ujarnya.

Sementara itu Suroyo menjelaskan, pandangan universal terhadap HAM mengharuskan manusia untuk menghargai manusia dan tidak melakukan diskriminasi karena perbedaan, abik dalam hal fisik maupun mental. Untuk itu, pelayanan pembangunan hak dasar kepada setiap manusia seperti pendidikan dan kesehatan harus adil. “Perlu juga adanya ruh baru di dalam setiap peringatan Hipenca, agar dapat menciptakan semangat abru bagi para penyandang cacat. (Den)

Sumber:

http://www.krjogja.com/krjogja/news/detail/9960/Peringatan.Hari.Penyandang.Cacat.DIY.Dibuka..html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s