5.500 Kursi Roda Siap Dibagikan Untuk Anak Difabel

5.500 Kursi Roda Siap Dibagikan Untuk Anak Difabel
Selasa, 01 Desember 2009 17:12:00
Beberapa kursi roda yang siap dibagikan bagi anak difabel. (Foto : Rani Dwi Lestari)

YOGYA (KRjogja.com) – Sebanyak 5.500 buah kursi roda akan dibagikan untuk anak-anak cacat (difabel) usia 3-14 tahun, khususnya bagi mereka yang menderita kecacatan jenis Cerebral Palsy (CP). Program pembagian kursi roda ini dimotori oleh United States Agency of Internasional Development (USAID) yang bekerjasama dengan United Cerebral Palsy (UCP) Indonesia yang ada di Yogyakarta.

Program bertajuk UCP Wheels For Humanity (kursi roda untuk kemanusiaan. red) ini  juga dibarengi dengan pemberian training pada 11 orang aktivis organisasi sosial untuk dapat memakaikan kursi roda tersebut sesuai prosedur. Kursi roda yang akan dibagikan ini memang tidak sama dengan kursi roda biasa, karena dilengkapi dengan berbagai penunjang sesuai apa yang dibutuhkan si pemakai.

“Kami menyebutnya dengan ‘kids wheelchair’ atau kurtsi roda yang memang dikhususkan untuk anak cacat. Perbedaan dengan kursi roda biasa adalah terletak pada pemenuhan kebutuhan lain, misalnya adanya penyangga kepala, penegak tubuh dan sebagainya. Sehingga kursi roda ini disediakan berbasis kebutuhan masing-masing individu,” ujar Direktur UCP, Michael Allen di kantor UCP Yogyakarta, Selasa (1/12).

Dirinya menuturkan, misi dari program ini adalah juga untuk penyebaran ilmu mengenai bagaimana menangani anak penderita CP. Di seluruh dunia dan setelah Amerika, program semacam ini baru pertama kali dilakukan di Indonesia dan akan berjangka waktu hingga tiga tahun kedepan. Pendistribusian kursi pada tahap awal dilakukan di DIY dan hari ini adalah pertama kali. Dana yang dihabiskan untuk penyediaannya berkisar 1,6 juta dollar.

“Negara di dunia yang terdaftar mengikuti program ini adalah 7 negara termasuk Indonesia. Negara ini dipilih karena beberapa faktor yakni karena banyaknya penderita CP yang belum memiliki kursi roda. Di Indonesia, pemenuhan akan kursi roda tergolong sulit, tidak seperti di Amerika yang hanya tinggal mengajukan pada pihak asuransi maupun meminta pada pemerintah. Selain itu, ini juga karena keprihatinan akan pelayanan kesehatan yang belum maksimal di Indonesia,” paparnya.

Sementara itu, Jamie Noon yang merupakan master training organisasi seluruh dunia untuk pengadaan kursi roda, mengatakan, program ini tak hanya bertumpu pada penyediaan kursi roda saja tetapi juga pemberdayaannya. “Ini bukan hanya amal, tetapi juga penguatan individu. Dimana kita harus mulai mengakui bahwa penyandang cacat juga manusia,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Program Manager UCP Indonesia, Risnawati Utami mengungkapkan, berdasarkan data yang ada, saat ini di wilayah Yogyakarta sendiri terdapat sekitar 250 penyandang cacat usia 3-14 tahun. Dari jumlah tersebut, 60% diantaranya belum memiliki kursi roda. “Jumlah tersebut tergolong lebih banyak jika dibandingkan di Amerika. Karena itu, program ini diharapkan bisa membantu dengan memberikan kursi roda sesuai kebutuhan,” ungkapnya.

Di sisi lain, Elly, salah satu orang tua anak yang menerima bantuan kursi roda, mengaku sangat senang anaknya bisa diberi kesempatan untuk memiliki kursi roda.  Anaknya, Dedi Wahyu Himawan, sejak lahir telah menderita kecacatan dan tidak bisa beraktifitas apapun. Hingga usianya 6 tahun, ia tidak menggunakan kursi roda dan hanya memakai alat alakadarnya. “Saya senang sekali bisa dibantu.  Hari ini usianya tepat genap 6 tahun, dan ini merupakan kado ulang tahun terindah untuknya,” kata Elly. (Ran)

Sumber:

http://www.krjogja.com/krjogja/news/detail/10299/5.500.Kursi.Roda.Siap.Dibagikan.Untuk.Anak.Difabel.html

4 responses to “5.500 Kursi Roda Siap Dibagikan Untuk Anak Difabel

  1. Mirane meyyers ivada

    Anak aku firman udah 6 thn ngga bisa apa2 hanya berbaring yg dia bisa lakukan

  2. Salam kenal sayA mama key saya mempunyai anak penderita CP.usia anak saya 9th bagaimana caranya supaya anak saya bisa menerima bantuan kursi roda untuk penderita CP terimakasih

  3. just share info aja , kami dari RATU MEDIKA adalah toko online yang menjual alat kesehatan, seperti kursi roda, ranjang pasien, tabung oksigen dan alat kesehatan lainnya, untuk lebih jelasnya dapat membuka link ini: http://www.ratumedika.com/kursi-roda.html Thanks all….

  4. Hello Moms,kami menjual kursi roda untuk anak berkebutuhan Khusus (CP / Cerebral Palsy) http://kursirodacp.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s