“Tidak Ada Perhatian Pejabat”


KOMPAS, Kamis 26 November 2009


Yogyakarta, Kompas – Selama ini, sekolah luar biasa dianaktirikan. Seharusnya, perhatian dan perlakuannya sma dengan sekolah umum. Masih sedikitnya pejabat yang mau singgah ke SLB sebagai bentuk perhatian adalah indikasinya.

“Selama ini, pejabat hanya mau mengunjingi sekolah-sekolah internasional. Padahal, SLB juga butuh perhatian. Ke depan, saya akan mendorong pejabat mendatangi SLB” ujar Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh di SLB Negeri 4 Yogyakarta, Rabu (25/11).

Nuh berjanji menyeratakan SLB dengan sekolah umum dengan bernagai kebijakan di masa kepemimpinannya. Hasil kunjungannya yang diwarnai banyak kegiatan foto-foto itu akan menjadi acuan pembuatan kebijakan.

Saat bertemu Nuh, guru mengeluh belum adanya pendidikan prasekolah luar biasa yang penting juga. “Kami mohon Bapak Menteri mau menindaklanjuti,” kata Anin Yulistina, gur SLB Negeri 4 Yogyakarta.”

Menanggapi permohonan itu, Mendiknas berjanji akan memasukkannya dalam anggaran 2010.

Kesadaran orangtua menyekolahkan anaknya di SLB masih rendah, yakni sekitar 50 persen. Umumnya orangtua malu memiliki anak terbelakang atau jauhnya jarak rumah sehingga kerepotan mengentar-jemput.

Pendidikan Karakter

Sebelumnya, saat berada di Universitas Gadjah Mada, Nuh mengimbau perguruan tinggi menegdepankan pendidikan karakter dan budaya bengsa. Selama ini, pendidikan cenderung mengutamakan bidang akademis dan teknis.

Perguruan tinggi harus ikut memikirkan konsep dan bagaimana nanti implementasinya di lapangan. Kalau bukan perguruan tinggi, siapa lagi yang akan perduli pada karakter dan budaya bangsa,“ katanya.

Dalam waktu dekat, nuh mengaku akan memprtemukan berbagai perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, dan berbagai organisasi. Pertemuan diharapkan menghasilkan rumusan pendidikan karakter dan budaya bangsa serta mekanisme penerapannya di lapangan.

Menurut Nuh, indonesia kaya dengan kearifan lokal sebagai dasar pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa. (ENI/IRE)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s