Intervensi Dini bagi Anak Tunarungu

Selasa, 9 Februari 2010 | 02:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS – Anak-anak berkebutuhan khusus, seperti anak tunarungu, bisa berkembang menjadi manusia dewasa yang mandiri dan berguna bagi masyarakat jika diberikan program intervensi dini kepada mereka.

Walaupun mereka tunarungu, potensi kecerdasan lain dari mereka bisa dikembangkan. Untuk itu, sangat diperlukan guru-guru yang berkualitas, yang bersertifikasi.

Demikian terungkap pada Seminar dan Lokakarya Nasional Menata Sistem Pelayanan dan Pendidikan Tunarungu di Indonesia, Senin (8/2) di Yayasan Santi Rama, Jakarta.

Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal mengatakan, guru-guru yang mengabdi di sekolah tunarungu akan ada proses sertifikasi. ”Jika lulus uji sertifikasi, di samping kualitas pembelajaran semakin bagus, guru juga akan mendapat tunjangan profesi sebulan kali gaji,” katanya.

Sebanyak 560.000 guru sudah bersertifikasi dan tahun ini sebanyak 200.000 guru akan menjalani uji sertifikasi.

Fasli Jalal menjelaskan, jika guru-guru belum S-1, kini diberikan beasiswa dan berbagai kemudahan lainnya. ”Dengan guru yang berkualitas, potensi kecerdasan anak tunarungu bisa dikembangkan sehingga anak bisa mandiri,” katanya.

Dendarto Hendarmin dari Yayasan Santi Rama mengatakan, dengan program intervensi dini, selama ini sudah ratusan peserta didik disalurkan ke sekolah reguler atau umum. ”Melalui jalur reguler ini sudah ada sekitar 100 alumni Santi Rama berhasil menempuh pendidikan akademik/ perguruan tinggi,” katanya.

Pakar pendidikan luar biasa Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Totok Bintoro, mengatakan, dinas pendidikan hingga jajaran pengawasan pendidikan luar biasa (PLB) harus memiliki kompetensi untuk membina dan menyupervisi PLB. (NAL)


Sumber:

http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/02/09/02575051/intervensi.dini.bagi.anak.tunarungu

2 responses to “Intervensi Dini bagi Anak Tunarungu

  1. Selamat sore.
    Perkenalkan saya Tiwi, ibu dari anak dengan kebutuhan khusus ( major brain malformation & porencephaly ). Mohon saya bisa mendapat info mengenai kegiatan, komunitas, pelatihan2 yang diselenggarakan oleh psibkusd. Terimakasih atas bantuannya.

    • terimakasih telah mampir dan menyempatkan diri untuk membaca artikel di blog kami.
      kami akan mengusahakan untuk memberikan info kepada ibu mengenai kegiatan kami.
      apabila ibu memiliki account di facebook, maka ibu bisa mengkases di facebook kami, bisa di search PSIBK USD atau add via email psibk@yahoo.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s