Puluhan Tunanetra Ramaikan Lomba Panjat Pinang

HUT ke-64 RI

Senin, 17/08/2009 16:02 WIB

Mulyadi Saputra – detikBandung


Bandung – Puluhan tunanetra meramaikan perayaan HUT ke-64 RI di Panti Sosial Wiyataguna, Jalan Pajajaran, Senin (17/8/2009). Layaknya orang normal, mereka pun bersemangat mengikuti perlombaan panjat pinang.

“Kita mengadakan acara ini untuk memeriahkan HUT ke-64 RI. Juga menghibur para tunanetra di Wiyataguna, mereka kalau hari biasa belajar terus menerus,” jelas Ketua panitia, Arti Dewi, kepada detikbandung.

Menurut Arti, kegitan seperti ini merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan. Kegitan tersebut juga mendapatkan antusias dari peserta lomba.

“Kita mangadakan kegiatan seperti ini rutin setiap tahun. Soalnya, kegiatan perlombaan ini ditunggu para penghuni panti,” ujar Arti.

Dalam perlombaan panjat pinang itu ada dua batang pohon pinang. Perkelompok terdiri dari 6 orang dan satu pohon pinang untuk dua kelompok. Suasana riuh terjadi saat penonton mengomentari dan mendukung perserta lomba.

Para peserta yang tunanetra itu jatuh bangun dan bersemangat untuk berjibaku menuju puncak pohoh pinang. Sebelumnya, pohon tersebut sudah dilumuri sabun biar licin. Sejumlah barang berharga yang terbungkus mirip kado, menggelantung di bagian atas pohon.

Selain panjat pinang, panitia juga mengadakan perlombaan-perlombaan seperti sepak bola, tarik tambang, balap karung dan lainnya yang khusus diikuti peserta tunanetra. (bbn/bbn)

Sumber:

http://bandung.detik.com/read/2009/08/17/160230/1184481/486/puluhan-tunanetra-ramaikan-lomba-panjat-pinang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s