Porticus Berkunjung di Pusat Kajian Anak Berkebutuhan Khusus Fakultas Psikologi USD

15 Juli 2009 | 11:00:27

Pada awal bulan Juli 2009 staf dari Porticus, yaitu Richard Brosse (Direktur Bidang Pendidikan Tinggi di kantor Porticus) dan Benny Bacani (Indonesian Desk Porticus) berkunjung di Pusat Kajian Anak Berkebutuhan Khusus. Kunjungan mereka diantar oleh Rektor Universitas Sanata Dharma, Rm P. Wiryono Priyatamtama, SJ dan Bendahara Yayasan Sanata Dharma, Rm Van Opzeeland, SJ. Kunjungan mereka diterima oleh Dekan Fakultas Psikologi dan seluruh staf Pusat Kajian Anak Berkebutuhan Khusus, divisi Tunarungu.

Dalam kunjungan tersebut dibahas berbagai kegiatan yang akan dilakukan oleh PKABK, baik kegiatan Jangka Pendek, Jangka Menengah, maupun Jangka Panjang. Kegiatan-kegiatan di PKABK meliputi bidang riset, pengembangan kurikulum, dan training bagi para guru yang mengajar di sekolah tunarungu. Riset yang dilakukan adalah mengidentifikasi kompetensi guru untuk anak berkebutuhan khusus (sementara fokus pada anak tuna rungu) dan melakukan needs assesment pada para guru, orangtua, dan komunitas tuna rungu. Kurikulum yang akan dikembangkan di sini adalah kurikulum pelatihan untuk on the job training. Training untuk sementara akan difokuskan pada guru-guru di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Diwaktu yang akan datang diharapkan dapat melibatkan guru-guru dari daerah-daerah lain di Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut Richard Brosse memberi saran yang berkaitan dengan training, yaitu sebelum melakukan training agar terlebih dahulu membuat survei sederhana untuk melihat berapa banyak sekolah yang ada, berapa banyak siswa, konsentrasi pada level sekolah dan wilayah tertentu, dan hal-hal lain yang dianggap penting sebagai dasar untuk menyusun strategi perencanaan.

Sebelum berkunjung ke PKABK staf Porticus tersebut melihat-lihat kampus Sanata Dharma yang berlokasi di Mrican, dan juga berkunjung di program studi Mekatronika, yang diterima oleh Kaprodi Mekatronika, Bapak Drajad.

Sampai saat ini staf PKABK masih mematangkan berbagai hal yang dipandang penting sehingga kedepan PKABK bisa menjadi pusat yang kokoh untuk melayani individu-individu berkebutuhan khusus maupun masyarakat umum yang memiliki perhatian pada individu berkebutuhan khusus di Indonesia. (pw)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s