PKABK (PSIBK) FAKULTAS PSIKOLOGI USD KUNJUNGI VIATAAL BELANDA

18 Juni 2009 | 07:05:19

Pusat Kajian Anak Berkebutuhan Khusus, devisi Tunarungu meskipun masih berusia muda telah melakukan beberapa kegiatan. Setelah berhasil menerbitkan buku “Menggapai Prestasi di Telaga Sunyi. Dinamika Pendidikan Kaum Tunarungu” . Buku ini pun diminati oleh Viataal International dan diterjemahkan dalam bahasa Inggris dengan judul “Struggling for Success in the Lake of Silence: The Dynamics of Education for the Deaf”

Pada bulan Oktober 2008 Pusat Kajian berhasil mengadakan Seminar International bertemakan “Optimalisasi Pendidikan Tunarungu di Indonesia” Dalam proses berikutnya pusat ini berhasil mendapatkan dana dari Viataal International, dana tersebut akan digunakan untuk beragam aktivitas peningkatan pendidikan tunarungu di Indonesia. Ada tiga aktivitas yang akam dilakukan yaitu Research, Workshop, dan Pembuatan Kurikulum Pelatihan.

Berkaitan dengan aktivitas tersebut staff Pusat Kajian Anak Berkebutuhan Khusus, yang terdiri Sr Antoni PMY, Sr Wahyu PMY, Dr. Priyo Widiyanto, Dr. Tjipto Susana, Sylvia Carolina, S.Psi. M.Si melakukan kunjungan ke Belanda, pada tanggal 31 Mei sampai dengan 11 Juni 2009. Salah satu staff yaitu ibu Setyandari, MA. tidak bisa ikut karena kebetulan passport beliau masa berlakunya berakhir. Saat melakukan kunjungan keberbagai sekolah multyhandicap, deaf dan deafblind, serta sekolah normal yang menerima anak berkebutuhan khusus (di Indonesia sekolah inklusi), tim dari Sanata Dharma dipandu oleh tenaga-tenaga ahli dari Viataal International.

Di samping berkunjung kesekolah-sekolah, tim dari Sanata Dharma juga mendapat kesempatan mengunjungi rumah produksi, sebuah tempat yang digunakan untuk mendidik anak-anak berkebutuhan khusus melakukan pelatihan kerja agar dikemudian hari anak-anak ini bisa mandiri dan bekerja secara professional dalam kehidupannya.

Merefleksikan seluruh proses kunjungan ini tampak bahwa anak-anak berkebutuhan khusus di Belanda memperoleh kesempatan pendidikan dan kesempatan kerja yang sangat layak. Mereka ini dididik oleh guru-guru yang memiliki kompetensi tinggi dan sangat professional. Guru selalu berupaya menemukan potensi unik dari siswa, potensi unik siswa inilah yang terus dikembangkan sampai optimal, dan potensi unik inilah nanti yang akan mewujud dalam berbagai keterampilan yang akan sangat membantu anak-anak dalam kehidupan mereka.

Bagaimana dengan pendidikan anak berkubutuhan khusus di Indonesia? Khususnya anak-anak tunarungu, inilah tantangan yang harus segera dijawab. Pusat Kajian Anak Berkebutuhan Khusus, devisi Tunarungu Universitas Sanata Dharma, memiliki tanggung jawab untuk ikut terlibat dalam karya, bersama banyak pihak yang peduli dengan anak-anak tunarungu. (pw)

2 responses to “PKABK (PSIBK) FAKULTAS PSIKOLOGI USD KUNJUNGI VIATAAL BELANDA

  1. bagaimana pembelajaran yang efektif bagi anak deafblind? agar pembelajaran lebih menyenangkan dan mereka lebih muda dalam memahami apa yang mereka pelajari?

  2. bagaimana pembelajaran yang efektif baagi anak deafblind?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s