Film Indonesia Bertemakan IBK (Individu Berkebutuhan Khusus)

Sekarang ini, banyak sekali film-film layar lebar yang mulai konsen terhadap perkembangan individu berkebutuhan khusus. Seiring dengan perkembangan industri film, semua dikemas dengan lebih menarik dan berkesan dramatik. Indonesia pun tidak mau kalah untuk unjuk gigi ke dunia perfilman internasional, beberapa karya anak bangsa yang bertemakan IBK mulai bermunculan. Salah satu film yang cukup dikenal masyarakat adalah film berjudul Simfoni Luar Biasa, yang dibintangi aktor sekaligus penyanyi Christian Bautista. Lalu ada juga film Ayah, Mengapa Aku Berbeda yang diperankan oleh Dinda Hauw dengan mengangkat cerita tentang anak tunarungu.

Baru-baru ini, mulai banyak sineas muda di Indonesia yang tertarik untuk membuat film dengan tema anak-anak berkebutuhan khusus. Seperti film besutan Mouly Surya yang baru saja menyabet penghargaan NETPAC di Rotterdam yaitu Yang Tidak Dibicarakan Ketika Membicarakan Cinta (Tidak Dibicarakan Cinta) juga mengangkat cerita tentang anak tunarungu dan low vision. Film ini juga masih membahas tema cinta tetapi dengan kompleksitas para individu berkebutuhan khusus. Aktor yang dipercaya untuk bermain di film ini adalah Nicholas Saputra dan didampingi oleh Ayushita.

Selain film tersebut, ada juga film yang belum lama dirilis bertemakan kehidupan anak autis, yaitu I’m Star. Film ini mengisahkan tentang bagaimana seluk beluk dan kehidupan anak autis. Beberapa film tersebut di atas hanya sebagian kecil dari karya anak bangsa. Semoga dengan berkembangnya dunia perfilman Indonesia, semakin banyak sineas bangsa yang bersedia mengangkat cerita anak-anak berkebutuhan khusus secara lebih mendidik. BRAVO PERFILMAN INDONESIA! (ewd)

Simfoni_Luar_Biasa

45TjIF_Dont-Talk-Love---Official-Poster--Inline

230px-Ayah_aku_berbeda

One response to “Film Indonesia Bertemakan IBK (Individu Berkebutuhan Khusus)

  1. dimana bisa saya dapatkan dvdv dvd film tersebut….saya membutuhkan nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s