BlackBerry Punya Fitur Khusus Mudahkan Tunanetra

Kanada – Research In Motion (RIM) baru saja merilis BlackBerry Screen Reader, sebuah aplikasi yang membantu pengguna tunanetra lebih mudah mengoperasikan smartphone BlackBerry.

Sesuai namanya, BlackBerry Screen Reader menyediakan output suara berdasarkan informasi visual yang ditampilkan pada layar perangkat BlackBerry. Mudahnya, aplikasi ini akan membacakan apa saja yang tampak pada layar dan menuntun pengguna bernavigasi di handset. 

“BlackBerry Screen Reader dirancang untuk membantu pengguna tunanetra bisa terus terus terkoneksi dengan informasi dan orang lain. Ini juga merupakan bentuk komitmen berkelanjutan RIM mendukung konsumen dengan keterbatasan,” ujar Senior Product Manager RIM, Greg Fields.

BlackBerry Screen Reader sudah bisa diunduh gratis untuk perangkat BlackBerry Curve 9350, 9360 dan 9370. Aplikasi ini tersedia dalam bahasa Inggris, Prancis, Italia, Jerman dan Spanyol.

Adapun fitur kunci Blackbery Screen Reader adalah sebagai berikut:

– Mendukung aplikasi inti BlackBerry seperti email, calendar dan panggilan telepon.

– Speech settings, dimana pengguna bisa membuat pengaturan fungsi text-to-speech yang meliputi volume, pitch dan tingkat kecepatan bicara, tanda baca, dan password keamanan.

– Keyboard shortcut, pengguna bisa mengatur preferensi speech dan audio dengan cepat dan mudah melalui shortcut keyboard fisik.

– Accessible documentation, fitur penuntun pengguna tersedia dalam format HTML yang bisa diakses melalui desktop web browser.

Sumber : http://inet.detik.com/read/2012/05/08/151941/1912172/317/blackberry-punya-fitur-khusus-mudahkan-tunanetra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s