Tahun Ini Penyandang Cacat tanpa Bantuan

LHOKSEUMAWE – Bantuan untuk penyandang cacat yang selama ini dialokasikan dalam APBK pada pos Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Lhokseumawe tahun ini tak ada sama sekali. Padahal, jumlah penyandang orang cacat yang membutuhkan bantuan untuk modal usaha atau biaya pengobatan sesuai data di dinas tersebut mencapai 180 orang.

“Tahun 2011 dana tersebut ada, meski hanya 40 juta Rupiah. Tahun ini sebenarnya telah kita usulkan Rp 500 juta untuk bantuan orang cacat, namun saat buku APBK keluar, ternyata dananya tidak ada sama sekali. Dimana hilang, saya tak tahu,” ungkap Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Lhokseumawe, Ridwan Jalil, kepadaSerambi, Kamis (29/3).

Pj Walikota Lhokseumawe, Drs Arifin Abdullah, mengatakan, dirinya sedang di luar daerah, sehingga tidak bisa memastikan apakah benar tidak ada dana untuk orang cacat dalam APBK 2012 atau tidak. “Bila memang tak ada, maka harus disediakan di APBK-P. Karena penyandang cacat harus diperhatikan,” ujar Arifin.

Penjelasan hampir serupa juga disampaikan Ketua Komisi B DPRK Lhokseumawe, Husaini. “Saya pun tak begitu ingat apa ada diajukan dalam APBK atau tidak. Bila belum, anggaran itu harus dianggarkan dalam APBK-P. Saya pastikan dana itu akan dikawal di pembahasan tingkat dewam, sehingga tahun ini tetap ada dana terhadap orang cacat,” jelasnya.(bah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s