75 Tuna Daksa Terima Kaki Palsu

BANDA ACEH – Sebanyak 75 tuna daksa (cacat tubuh) dari 23 kabupaten/kota di Aceh, Senin (5/3), menerima bantuan kaki dan tangan palsu. Penyerahan bantuan dari Yayasan Surya Kebenaran Internasional (YSKI) bekerjasama dengan Yayasan Pusat Pemberdayaan Penyandang Cacat (YP3C) Aceh, berlangsung di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Lampineung.

Selain tangan dan kaki palsu, yayasan tersebut juga menyerahkan brace, alat bantu jalan bagi penderita polio. Penyerahan bantuan itu selain dihadiri Staf Ahli Gubernur Bidang Kesra dan SDM, Ismayani MSi, juga dihadiri para pejabat Dinas Sosial dan isntansi terkait.

Direktur YP3C Aceh, Dr H Sanusi Maha menyebutkan, umumnya mereka yang menerima bantuan adalah penyandang cacat yang sudah terdata melalui Persatuan Penyandang Cacat Indonesia (PPCI) di kabupaten/kota di Aceh.

“Ini dukungan besar para donatur dan stakeholder terhadap tuna daksa di Aceh. Ke depan kita berharap tuna daksa lainnya yang belum mendapat bantuan bisa menjadi fokus pemerintah kabupaten,” harapnya.

Dijelaskan, selain telah menyalurkan bantuan kaki dan tangan palsu, pihaknya juga dalam waktu dekat ini memberikan modal usaha bergulir bagi para penyandang cacat yang telah tercatat sebagai penerima bantuan YP3C Aceh.

Ketua tim pemasangan kak dan tangan palsu YSKI, Indra Buana, kepada Serambi, menyebutkan pihaknya selain menyerahkan kaki dan tangan palsu bagi 75 tuna daksa dan alat bantu jalan (brace) bagi penderita polio, pihaknya juga telah melakukan pengukuran kaki dan tangan para penyandang cacat yang belum mendapat bantuan.

Menurut dia, sekitar 70 persen bantuan kaki dan tangan palsu yang diberikan cuma-cuma ini, merupakan penyandang cacat akibat kecelakaan lalulintas dan kecelakaan kerja. Selebihnya, penyandang cacat bawaan dan korban konfik dan tsunami.(awi)

Sumber : http://aceh.tribunnews.com/2012/03/06/75-tuna-daksa-terima-kaki-palsu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s