“TAKUUUTTT….ADA PAK DOKTER!”

27 Maret 2012 : 13.00 WIB

Matahari baru saja memunculkan sinarnya yang malu-malu tetapi cukup menyilaukan di persawahan sekitar desa Kregan, Wedomartani. Tak jauh dari persawahan itu, terdapat sebuah bangunan mungil yang tiba-tiba diramaikan oleh anak-anak yang berlarian dan bersepeda menuju ke dalamnya. Di pekarangannya yang mungil pun, beberapa bapak dan ibu berseragam biru-biru sudah berdiri dengan penuh senyuman menyambut anak-anak yang berlarian memasuki halaman bangunan tersebut. Tempat tersebut adalah SLB Marganingsih. Sebuah sekolah luar biasa bagi anak-anak yang sangat luar biasa.

Tepat pukul 07.00 pagi pun, rombongan PSIBK ikut datang memasuki sekolah tersebut untuk mencoba mengenal lebih jauh anak-anak luar biasa yang berada di sekolah tersebut. Dipimpin oleh Ketua PSIBK Ibu Sylvia Carolina, rombongan staff PSIBK, yakni dr.Wikan dan staff sekretariat Elisa Wahyu dan Gita Dwiputri, mulai mencoba untuk membaur dengan keadaan di sekitar SLB Marganingsih. Rombongan PSIBK memulai ‘tour’ sekitar sekolah dengan memasuki berbagai ruangan kelas dan ruangan serbaguna di SLB Marganingsih. Walaupun hari masih pagi dan kegiatan belajar mengajar belum dimulai, sudah banyak siswa/i SLB Marganingsih yang berkumpul di kelas masing-masing maupun di halaman. Keadaan bangunan sekolah yang sedang di renovasi pun juga tidak menjadi kendala bagi mereka untuk menuntut ilmu.

Pada hari itu, rombongan PSIBK memang berencana untuk mengadakan pelayanan kesehatan anak yang dilakukan oleh dr.Wikan yang merupakan dokter spesialis anak. Pelayanan kesehatan tersebut dilaksanakan di ruang serbaguna SLB Marganingsih dan berlangsung dengan cukup santai walaupun beberapa anak terlihat takut untuk berhadapan dengan dr.Wikan. Bahkan, salah satu dari siswi pernah mengalami kejadian yang membuatnya sangat takut untuk bertemu dengan dokter, sehingga menolak untuk diperiksa oleh dr.Wikan. Namun, dengan penuh kesabaran dr.Wikan berusaha untuk membujuk beberapa anak tersebut.

Walaupun kegiatan pada pagi hari itu terasa sangat menyenangkan, akan tetapi kegiatan pelayanan kesehatan tersebut hanya berlangsung cukup singkat, yakni sekitar 1 jam karena proses belajar mengajar akan segera dimulai.

Kunjungan pertama tersebut, akan menjadi kunjungan pembukaan bagi kegiatan layanan kesehatan PSIBK yang kelak diharapkan akan dapat terus berlanjut dan membawa kebaikan bagi semua anak berkebutuhan khusus di wilayah Yogyakarta. (gdp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s