Penyandang Cacat Kerap Didiskriminasi, Pemerintah Harus Tanggap

13 Oktober 2011 / 08.45 WIB

Posts by PSIBK

Jakarta – Penyandang cacat rupanya sering mendapat diskriminasi oleh maskapai penerbangan saat akan melakukan perjalanannya. Para penyandang cacat diminta untuk melaporkan tindakan tersebut ke pihak yang berwenang.

“Teman-teman tidak boleh menyerah. Koordinasi dan laporkan ke lembaga berwenang misalnya Komnas HAM,” ujar staf harian Persatuan Penyandang Cacat Indonesia Ridwan Sumantri kepada detikcom, Kamis (15/9/2011).

Menurut Ridwan, pihaknya sering mendapat laporan dari para penyandang cacat yang diperlakukan tidak adil. Meski tidak punya data, dia meyakinkan peristiwa itu sering terjadi.

“Banyak laporan yang masuklah,” jelasnya.

Ridwan juga menanggapi kasus Deny Yen Martin Rahman (30) yang merasa diperlakukan tidak adil oleh maskapai penerbangan Citilink. Karena menyandang tunanetra, Deny dilarang menumpang pesawat Citilink tanpa pendamping.

“Diskriminasi sekali, karena kaitan dengan budget cost. Kalau bawa pendamping akan menambah biaya, tidak semua mampu,” paparnya.

Menurut Ridwan seharusnya maskapai penerbangan menyediakan pemandu kepada penumpang penyandang cacat mulai dari check-in sampai naik ke pesawat. Hal itu sudah diatur dalam Undang-undang No 1 tahun 2009 tentang Penerbangan.

“Pemerintah harus peduli kasus ini, memberi sanksi hukum bagi pelaku. Dalam undang-undang No 1 tentang penerbangan, penyandang cacat harus dibantu dan dimudahkan, bukan dipersulit,” ungkapnya.

Ridwan mengatakan dirinya selama ini sering melakukan penerbangan ke luar negeri tidak tidak pernah menemui masalah. Dia juga pernah bertemu dengan beberapa direksi maskapai penerbangan untuk menyampaikan keluhan setiap penumpang penyandang cacat.

“Harusnya ada gerakan atau aksi khusus karena mereka tidak juga jera. Kasus ini sudah sering terjadi, tidak terhitung,” tukasnya.
(mpr/gah)

Sumber : http://www.detiknews.com/read/2011/09/15/125348/1723074/10/penyandang-cacat-kerap-didiskriminasi-pemerintah-harus-tanggap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s