Lewat Screen Protector, Tuna Netra Bisa Akses iPhone

13 Oktober 2011 / 09.15 WIB

Posts by PSIBK

Jakarta – Kabar gembira bagi tunanetra yang penasaran ingin menjajal produk besutan Apple. Hanya dengan menggunakan pelindung layar (screen protector), kini tunanetra pun dapat leluasa mengakses iPhone, iPod, dan iPad yang selama ini sulit dioperasikan karena menggunakan teknologi layar sentuh.

Selama ini, tunanetra dapat mengakses berbagai gadget dengan bantuan pembaca layar (screen reader) yang dapat menyuarakan teks atau obyek yang muncul di layar. Jadi, informasi diperoleh dengan cara mendengarkan teks yang disuarakan oleh screen reader.

Berkat screen reader itu pulalah tunanetra dapat mengakses berbagai tombol yang terdapat pada gadget mereka.

Namun, kini sebagian besar gadget terbaru telah didominasi oleh teknologi navigasi layar sentuh aliastouch screen, sehingga tunanetra menjadi kesulitan mengoperasikannya. Ya, karena tidak ada tombol yang dapat ditekan atau diraba, yang ada hanya permukaan polos tanpa sedikit pun tanda pengenal.

Screen reader pun jadi sulit untuk dioperasikan, karena tidak ada tombol atau benjolan yang dapat dijadikan tanda pengenal bagi tunanetra untuk memilih menu atau mengakses fungsi tertentu.

Lalu, apakah itu artinya tunanetra hanya bisa bengong sementara rekan-rekan mereka asyik ber-iPod dan ber-iPad?

Untungnya, produk terkini besutan Apple sudah dilengkapi dengan pembaca layar gratis yang cukup nyaman digunakan, namanya Voice Over (dapat dibuka lewat menu Accessibility). Dengan memadukan Voice Over dengan screen protector khusus, layar sentuh polos iPhone dan iPad pun kini dapat diakses oleh tunanetra.

Screen protector yang diberi nama “Tactile Screen Protector” ini dikembangkan oleh sebuah kelompok bernama Solona (www.solona.net), pemerhati aksesibilitas bagi tunanetra yang memberikan berbagai layanan guna memudahkan tunanetra mengakses komputer dan gadget.

Tactile Screen Protector tersedia dalam 14 variasi. Pengguna dapat memilih sesuai selera dan tentu saja produk yang dimiliki.

Untuk mengakses iPad misalnya, tersedia screen protector dengan huruf braille (abjad timbul) , sehingga pengguna dapat mengakses elemen-elemen yang muncul di layar sentuh iPad dengan meraba huruf braille yang melekat pada screen protector.

Tersedia juga screen protector dengan titik-titik, di mana titik-titik tersebut mewakili huruf dan tombol fungsi di iPad. Yang satu ini lebih praktis dan paling cocok bagi tunanetra yang sudah akrab dengan layar sentuh.

Selain itu, tersedia juga berbagai model screen protector lain yang dapat digunakan untuk iPod touch, iPhone 3G, bahkan untuk jagoan baru Apple, iPhone 4.

Untuk mendapatkan screen protector ini, pengguna perlu merogoh kocek sebesar $25, atau dapat juga mengirimkan screen protector sendiri untuk diubah menjadi Tactile Screen Protector (dikenakan biaya $6).

Sebagai informasi, Solona juga menyediakan berbagai layanan aksesibilitas lain, seperti penanganan Captcha, pengenalan obyek bergambar, dan lain-lain.

Sumber : http://www.detikinet.com/read/2010/11/09/175935/1490546/317/lewat-screen-protector-tuna-netra-bisa-akses-iphone

Ramaditya Tentang Penulis: Eko Ramaditya Adikara adalah blogger tuna netra yang menggemari dunia digital dan teknologi informasi. Blognya bisa dibaca di http://ramaditya.multiply.com/.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s