Siswa Tunadaksa Semangat Ikut Ujian

01 Juni 2011 / 10.30 WIB

Posts by PSIBK

MALANG, KOMPAS.com – Sebanyak 22,960 peserta mengikuti ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Rayon 55 Malang, Jawa Timur, Selasa (31/5/2011). Ujian digelar dibeberapa lokasi di Malang, di antaranya di kampus Universitas Brawijaya (Unibraw), Universitas Negeri Malang (UNM), dan UIN Maliki Malang.

Adapun rincian peserta SNMPTN di antaranya, peserta IPA sebanyak 8.878 peserta di UIN Maliki Malang, peserta IPS sebanyak 8.997 di Universitas Brawijaya, dan IPC sebanyak 5.085 di Universitas Negeri Malang. SNMPTN juga diikuti oleh peserta dari kalangan tuna rungu dan tuna daksa. Selain itu, 8 peserta lainnya terdiri dari buta warna.

Adapun tunarungu dan tunadaksa itu atas nama Muhammad Rizky dan Adityanta. Kedua peserta ini berasal dari Malang.

Dalam pelasaksaan SNMPTN itu, di Universitas Negeri Malang (UNM), Rektor UM Prof H Suparno memantau beberapa ruangan yang ditempati peserta di UNM. Menurut Kepala BAAK UM, Amin Sidiq tercatat 11 peserta yang memiliki catatan khusus. Delapan peserta adalah peserta yang buta warna, satu peserta tuna netra, satu peserta tuna runggu dan satu peserta tuna daksa. Adapun pola pengawasannya diterapkan 1:10, artinya satu pengawas untuk 10 peserta.

“Alhamdulillah, hari pertama berjalan sukses. Bagi peserta berkelainan khusus juga dilayani dengan baik,” ujar Amin.

Sementara itu, Adityanta Dani D, peserta tunadaksa, yang memang mengalami lumpuh sejak lahir, saat ditanya wartawan mengatakan, ia tetap semangat ingin ikut SNMPTN. Dia ingin sama dengan peserta normal lainnya mengikuti ujian ini.

Usai menyelesaikan tes pertama, yakni tes potensi akademik, Adityanta mengaku tak merasa kesulitan menjawab soal-soal yang disajikan.

“Alhamdulillah, saya bisa menjawab semua soal yang ada,” ujarnya.

Adityanta mengaku, selama ujian berlangsung dirinya tak perlu dibantu. Ia mengatakan bisa menyelesaikan semua soal yang ada.

“Saya ingin menjawab sendiri. Selama saya masih bisa melakukannya, saya akan terus berusaha semaksimal mungkin,” ujarnya.

Untuk peserta tunarungu dan tunadaksa, serta 8 peserta buta warna ditempatkan di ruang khusus berbeda dengan peserta lainnya. Mereka melaksanakan ujian di Fakultas Ekonomi UNM No 5, Fakultas MIPA G 6, di ruang 124.

Adapun pada hari pertama SNMPTN ini, materi ujian adalah Tes Akademik dan tes Bidang Studi Dasar (Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris). Untuk hari kedua adalah Bidang Studi IPA dan tes Studi IPS yang digelar besok, Rabu (1/6/2011).

Sumber : http://edukasi.kompas.com/read/2011/05/31/13365421/Siswa.Tunadaksa.Semangat.Ikut.Ujian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s