PSIBK dan Sepotong Cerita di Kota ASRI

15 April 2011 / 11.15 WIB

Posts by PSIBK

Masyarakat umum biasa menyebut kota ini dengan sebutan “kota ASRI (Aman, Sehat, Rapi, Indah)”, tim PSIBK beserta beberapa dosen Universitas Sanata Dharma berkesempatan untuk berkunjung kesana pekan kemarin, tepatnya pada tanggal 8-9 April 2011. Kota tersebut adalah kota Wonosobo, salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Tim PSIBK berkesempatan untuk mengunjungi dua Sekolah Luar Biasa(SLB) yang berada disana yaitu SLB/B Dena Upakara dan SLB/B Don Bosco (Karya Bhakti). Kedua SLB tersebut merupakan sekolah berasrama bagi anak-anak tunarungu, dimana para muridnya diwajibkan untuk tinggal di asrama selama mereka belajar. Meskipun demikian, para siswanya juga diberi kesempatan untuk pulang ke rumah selama weekend, yaitu hari Sabtu dan Minggu.

                Kunjungan ini merupakan rangkaian dari kerjasama antara Universitas Sanata Dharma Yogyakarta yang diwakili oleh PSIBK dengan Yayasan Dena Upakara dan Yayasan Karya Bhakti (Don Bosco). Selain itu, kunjungan tersebut menjadi ajang bagi dosen untuk mengenal cara mengajar dan proses pembelajaran yang terjadi di kelas. Kunjungan pertama dilakukan di SLB/B Dena Upakara, tim PSIBK beserta dosen diberi kesempatan untuk mengikuti proses pembelajaran siswa dari awal jam pelajaran sekolah. Tim didampingi langsung oleh ketua yayasan Dena Upakara, Suster Wahyu, PMY. Setelah itu, tim juga diperkenankan untuk masuk ke kelas guna mengikuti proses belajar maupun untuk mengadakan observasi. Pada kunjungan ini, tim PSIBK dan dosen juga berkesempatan untuk melihat penampilan siswa dalam ajang kreasi musik dan tari. Beberapa siswa menunjukkan kebolehan mereka dalam menari dan memainkan alat musik, seperti pianika. Setelah mengikuti beberapa proses pembelajaran, selanjutnya tim PSIBK dan dosen diajak untuk berkeliling area sekolah dan asrama. Seluruh rangkaian kegiatan di SLB/B Dena Upakara diakhiri dengan acara berdiskusi bersama.

                Kunjungan kedua dilakukan di SLB/B Don Bosco (Karya Bhakti) yang lokasinya tidak terlampau jauh dari SLB/B Dena Upakara. Disana, tim PSIBK dan dosen disambut langsung oleh kepala sekolah SLB/B Don Bosco, yaitu Bruder Marcell FC. Kunjungan diawali dengan makan siang bersama dan dilanjutkan dengan berkeliling area sekolah serta asrama. Setelah berkeliling sekolah, tim PSIBK dan dosen berpamitan untuk kembali ke kota “gudeg” Yogyakarta dengan membawa sepotong cerita yang luar biasa dari kedua Sekolah Luar Biasa tersebut. Seluruh rangkaian kegiatan dan proses di dalamnya menjadi satu pembelajaran dan pengalaman istimewa bagi seluruh tim PSIBK dan dosen. Semoga kunjungan seperti ini kelak akan terus berlanjut sehingga kerjasama pun tetap terjalin. (ewd)

2 responses to “PSIBK dan Sepotong Cerita di Kota ASRI

  1. emang wonosobo tu kota yang pualiiiiing nyaman diantara kota-kota lain di jawa tengah & Indonesia pada umumnya…

    aku juga paling krasan di wonosobo
    entah kenapa ada ikatan batin gitu dengan wonosobo

    selamat datang& jangan lupa datang lagi ke wonosobo
    buat melihat sesuatu hal yang lebih indah lagi

    pecinta wonosobo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s