HARRY DARSONO : Anak Berkebutuhan Khusus

Jumat, 11 Maret 2011 / 10.45 WIB

Posts by PSIBK

Sesibuk apa pun Harry Darsono, dia selalu punya waktu untuk anak berkebutuhan khusus. Sabtu (5/2) pagi hingga siang ini, misalnya, dia mengadakan ”Talk Show with Entertainment” di Bentara Budaya Jakarta, yang terbuka bagi siapa saja.

”Anak-anak spesial sering tak dimengerti orang-orang di sekitar mereka. Di sekolah (mereka) dianggap bodoh, orang sering melihat mereka banyak maunya. Padahal, mereka bisa berprestasi sama bagusnya dengan anak lain. Banyak (anak spesial) yang mengalami kekerasan fisik karena tidak dimengerti kebutuhannya. Kegiatan ini merupakan kampanye meningkatkan kesadaran masyarakat akan anak berkebutuhan khusus,” cetus lelaki kelahiran 15 Maret 1950 ini.

Oleh karena profesinya perancang busana dengan keahlian seniman tekstil dan belajar seni pentas, Harry mengemas acara tersebut dalam bentuk pesta, pentas, dan diskusi.

Pengalaman masa kecilnya yang sempat dicap sebagai anak nakal karena mengalami attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) selalu membangkitkan empati Harry kepada anak berkebutuhan khusus.

Dia berhasil mengatasi ADHD-nya melalui kasih sayang keluarga, terutama almarhumah ibunya. ”Saya beruntung dibesarkan dalam keluarga yang tak pernah memukul,” cerita Harry. (NMP)

Sumber : kompas.com (cetak)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s