Skrining Down Syndrome dengan Tes Darah Ibu

Selasa, 08 Maret 2011/11.30 WIB

Post by PSIBK

Kompas.com — Para ilmuwan di Eropa berhasil mendiagnosis kelainan down syndrome pada janin dengan cara memeriksa sampel darah ibu hamil. Metode ini diharapkan bisa menjadi pilihan tes berbiaya murah dibandingkan dengan metode deteksi yang kini dipakai.

Penelitian mengenai kesahihan tes darah untuk mendeteksi down syndrome ini sebenarnya sudah dilakukan beberapa kali. Dalam studi akhir ini, para ilmuwan mengatakan mereka bisa melihat titik spesifik down syndrome dalam DNA janin melalui contoh darah ibu.

Down syndrome (DS) merupakan kelainan genetik pada kromosom nomor 21, yaitu terdapat 23 kromosom atau disebut trisomi 21. Secara umum, anak DS mempunyai keterlambatan dalam tumbuh kembang. Deteksi kelainan DS saat ini dilakukan dengan pemeriksaan USG dan diperkuat dengan pengambilan cairan ketuban dalam jumlah kecil melalui dinding perut ibu hamil (amniosentesis).

Pemeriksaan melalui contoh darah diharapkan bisa memberikan diagnosa yang lebih akurat dan lebih cepat dibandingkan tes standar. Kelebihan lainnya adalah memperkecil risiko keguguran pada janin.

Walaupun saat ini metode tes darah tersebut belum tersedia secara komersial, sebuah perusahaan riset di Amerika Serikat menyatakan, tes ini mungkin bisa tersedia untuk umum tahun depan.

Sumber : kompas.com

 

2 responses to “Skrining Down Syndrome dengan Tes Darah Ibu

  1. Yanti Kristyanti

    Anak pertama saya saat ini sudah menginjak 7 tahun, kendala tumbuh kembangnya adalah anak sy tidak spt anak seusianya, sering teriak-teriak,tantrum yang engga jelas penyebabnya, sdh dilakukan screening sejak usianya sekitar 3 th dan mengikuti berbagai terapi, namun sampai saat ini sy merasa perubahannya blm banyak.kt dokter rehab medik, awalnya anak sy didiagnosa ADHD,saat terakhir screening ulang, ktnya saat ini ADD, sdh berganti2 psikolog,namun tdk pernah ada hasil,krn anak sy sulit sekali mengikuti test2 yg hrs dilalui,krn anak sy selalu marah2 dan tantrum pd saat konsultasi…kami sbg orang tua terus berusaha utk kesembuhan anak pertama saya, sy mohon bantuan dan pengarahan,hrs dibw kemana lagi utk pengobatan dan terapi anak sy krn hampir semua pengasuh/terapis/psikolog,keliatannya menyerah menangani anak saya?sy sangat sedih…apalagi pd saat melihat anak sy ketika sedang marah/tantrum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s