Fitur Caption Tunarungu dari YouTube

Kamis, 24 februari 2011/ 12.15 WIB

Posts by PSIBK

JAKARTA, JCDnews – Semua orang pasti ingin memanfaatkan kemajuan teknologi, termasuk tunarungu. Jejaring video internet, Youtube, akan mengembangkan fitur auto-captions yakni semacam subtitle  (terjemahan) untuk semua videoklipnya.

Fitur ini memungkinkan para tunarungu untuk dapat mengaksesnya. Tetapi sayangnya, hingga saat ini caption hanya tersedia pada sejumlah kecil video.

Awalnya fitur ini hanya akan tersedia untuk konten bahasa Inggris. Namun, Youtube berencana untuk mengembangkan fitur itu ke dalam beberapa bahasa lain pada bulan-bulan mendatang.

November lalu, YouTube telah menerapkan auto-caption ke beberapa mitra seperti pada Universitas California, Universitas Berkeley, Universitas Yale, dan National Geographic.

Manajer Produk Youtube Hiroto Tokusei dalam blog resmi website itu beberapa waktu lalu menuturkan bahwa mereka  meluncurkan fitur auto-captions untuk seluruh pengguna Youtube. Sebelumnya, auto-captions hanya terdapat pada video berbahasa Inggris. Dalam beberapa bulan ke depan, Youtube berencana mengembangkan fitur itu ke 50 bahasa lain.

Youtube mulai mengembangkan fitur auto-captions pada 2008. Pada November tahun lalu, website itu merilis auto-captions, namun terbatas untuk kalangan tertentu. Penelitian oleh Youtube menyebutkan sebanyak 700 juta orang di dunia akan memiliki masalah pemdengaran pada 2015.

Google sebagai pemilik YouTube mengatakan bahwa hal ini hanyalah awal dan masih banyak ketidak sempurnaan disanasini. Kelak pemilik video akan diijinkan untuk mendownload transkrip konten dan mengeditnya bila diperlukan.

Teknologi ini sendiri didasarkan pada Google Voice Search yang akan menampilkan caption yang sangat akurat jika konten suara sangat jelas.(Ana R)

sumber : jakartacitydirectory.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s