Mendiknas: Jangan Biarkan Guru Merana

Kamis, 25 November 2010 / 13.00 WIB

Post by PSIBK

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan, ada tiga hal yang dapat dipetik dari peringatan Hari Guru Nasional atau HGN tahun ini. Pertama, HGN sangat baik untuk dijadikan ajang refleksi diri para guru.

Guru merupakan seseorang yang memiliki jasa luar biasa, maka jangan dibiarkan hidup merana. Peningkatan kesejahteraan dan martabat harus terjaga.
— Mohammad Nuh

“Meski guru terkadang kurang menerima haknya, kurangnya itu bisa dijadikan investasi ke depan kepada masyarakat,” ujar Nuh.

Kedua, HGN diharapkan menjadi upaya introspeksi. Ketiga, HGN sebagai upaya menatap masa depan lebih baik dan menggapai cita-cita luhur. Berdasarkan hal itu, lanjut Nuh, ada tiga tugas penting yang harus diemban oleh seorang guru, yaitu mengajarkan ilmu, membentuk karakter yang mulia, serta menanamkan optimisme dan cita-cita positif.

“Jika guru berhasil menggabungkan ketiga tugas penting ini, maka sekolah akan menjadi rumah untuk membentuk kepribadian yang mulia bagi anak didik,” tambah Nuh.

Nuh menambahkan, guru memiliki jasa dan posisi yang baik. Hal itu terbukti karena tidak semua profesi punya hari nasional.

“Guru merupakan seseorang yang memiliki jasa luar biasa, maka jangan dibiarkan hidup merana. Peningkatan kesejahteraan dan martabat harus terjaga,” kata Nuh.

sumber : kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s