PSIBK Universitas Sanata Dharma Punya Gawe bareng Kenthalis International, Belanda

Rabu, 03 November 2010 / 12.00 WIB

Posts by PSIBK USD

Pada tanggal 18 hingga 22 Oktober 2010, PSIBK USD bekerjasama dengan Kenthalis dari Belanda mengadakan pelatihan bagi para guru tunarungu. Pelatihan ini merupakan realisasi dari pertemuan yang sebelumnya telah dilakukan oleh kedua belah pihak serta beberapa perwakilan dari sekolah yang ditunjuk. Pihak PSIBK bertanggungjawab penuh karena acara ini diadakan di kampus Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. Acara ini dilaksanakan di Gedung Pusat, Universitas Sanata Dharma, Mrican, Yogyakarta. Pembicara yang dihadirkan dalam acara ini terdiri dari beberapa ahli dari Belanda dan Indonesia. Mereka adalah orang-orang yang memang memiliki keterikatan dengan dunia ketunarunguan dan sudah berpengalaman di bidangnya.

Acara ini diselenggarakan selama lima hari dan terbagi menjadi dua sesi, dimana sesi pertama (hari Senin dan Selasa, 18-19 Oktober) digunakan untuk pengenalan mengenai sejarah ketunarunguan baik di Indonesia maupun di dunia. Sesi kedua berlangsung dari hari Rabu hingga Jumat (20-22 Oktober) dan dikhusukan bagi para guru yang menjadi calon mentor. Calon ini terdiri dari 16 guru yang mewakili beberapa sekolah, antara lain SLB/B Santi Rama (Jakarta), SLB/B Bhakti Luhur (Malang), SLB/B Pangudi Luhur (Jakarta), SLB/B Karya Bakti (Wonosobo), SLB/B Dena Upakara (Wonosobo), SLB/B Karnamanohara (Sleman, DIY), SLB/B Negeri Semarang (Semarang) dan SLB/B Wiyata Dharma (Sleman, DIY). Masing-masing sekolah tersebut diwajibkan untuk mengirimkan dua orang guru.

Pelatihan ini akan berjalan secara bertahap selama dua tahun. Para mentor yang terdiri dari 16 guru tersebut nantinya akan menjadi pendamping bagi guru lainnya yang dikirim oleh sekolah untuk mengikuti pelatihan di PSIBK Universitas Sanata Dharma. Pada bulan Oktober ini, pelatihan yang diadakan merupakan awal dari keseluruhan program sehingga masih berupa pengenalan terlebih dahulu. Selain itu, dalam kesempatan ini pihak penyelenggara juga mengupayakan agar terjalin suatu komitmen dengan para peserta, khususnya calon-calon mentor, agar selama dua tahun ke depan mereka sanggup untuk mengikuti rangkaian pelatihan ini. Secara keseluruhan, acara ini berlangsung dengan lancar. Pelatihan ini akan dilanjutkan pada bulan Januari 2011. Pada pelatihan lanjutan tersebut direncanakan masih akan mendatangkan pembicara dari Kenthalis dan beberapa dosen dari USD maupun UGM. Semoga pelatihan di bulan Januari yang akan datang dapat berjalan dengan lancar. (ewd)

 

Ditulis oleh : Elisa Wahyu D.

One response to “PSIBK Universitas Sanata Dharma Punya Gawe bareng Kenthalis International, Belanda

  1. Hello, this is a really interesting article. I was wondering if your training would possibly be able to open up to teachers who works with deaf children in Flores, Indoneisa. I work for VSO and the teachers for the deaf here in Ruteng feel like they need extra help and training in their task of teaching. We currently have around 110 children or are deaf or hard of hearing in the school and could really do with some help.

    Please could you let me know if you are opening up your training to teachers on Flores?

    Many Thanks Rachel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s