Sosialisasi Program Peningkatan Kualitas Kompetensi Guru di Sekolah Tunarungu

Kamis, 16 September 2010 / 11.45 WIB

Posts by PSIBK USD

Pada tanggal 30 Agustus 2010 Pusat Studi Individu Berkebutuhan Khusus-Universitas Sanata Dharma (PSIBK-USD), mengadakan kegiatan sosialisasi Program Peningkatan Kualtas Kompetensi Guru Di Sekolah Tunarungu. Dalam sosialisasi tersebut hadir seluruh tim PSIBK-USD dan seluruh tamu undangan yang terdiri dari:

  1. Ketua Yayasan dan Kepala Sekolah-SLB/B Santi Rama- Jakarta
  2. Ketua Yayasan dan Kepala Sekolah-SLB/B Pangudiluhur-Jakarta
  3. Ketua Yayasan dan Kepala Sekolah-SLB/B Dena-Upakara-Wonosobo
  4. Ketua Yayasan dan Kepala Sekolah-SLB/B Don-Bosco-Wonosobo
  5. Ketua Yayasan dan Kepala Sekolah-SLB/B Bhakti Luhur-Malang
  6. Ketua Yayasan dan Kepala Sekolah-SLB/B Karna Manohara-Jogyakarta
  7. Kepala SLB/B Negeri Semarang
  8. Kepala SLB/B Widya Dharma-Tempel-Sleman

Pelatihan yang dirancang oleh tim PSIBK dan Kentalis Internasional-The Nederlands ini memang berdurasi panjang, yaitu selama dua tahun. Oleh karena berdurasi panjang maka diperlukan komitmen tinggi, baik pada tim PSIBK maupun para peserta pelatihan. Pelatihan untuk tahap pertama ini baru melibatkan 8 sekolah. PSIBK memang mendesain pelatihan ini dalam kelompok kecil sehingga kualitas pelatihan bisa terkontrol dengan baik. Para trainer nantinya sebagian akan berasal dari para dosen FKIP dan Psikologi USD yang telah mendapatkan tambahan wawasan tentang ketunarunguan dari tim Kentalis Internasional-The Nederlands. Di samping itu juga akan melibatkan para mentor  terdiri dari guru-guru berkualitas yang berasal dari ke delapan sekolah di atas. Para mentor ini nantinya akan menjadi pendamping bagi guru lainnya yang dikirim oleh sekolah mengikuti pelatihan di PSIBK Universitas Sanata Dharma.

Peserta pelatihan, dan sekolah nantinya akan menandatangi MOU untuk komitmennya mengikuti pelatihan yang diadakan hasil kerjasama antara PSIBK dan Kentalis-International-The Nederlands. Sebuah model pelatihan bagi peningkatan kualitas kompetensi guru di sekolah tunarungu sedang akan dijalankan bersama delapan sekolah yang sungguh peduli terhadap peningkatan kualitas peserta didik tunarungu. Semoga pelatihan yang merupakan perwujudan dari moto USD cerdas dan humanis ini bisa berjalan lancar. (pw)

Ditulis oleh : Bapak Priyo Widiyanto

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s